Egy Maulana Dipastikan Absen Saat Leg Pertama Semi Final Piala AFF 2020 Indonesia VS Singapura

Egy Maulana Dipastikan Absen Saat Leg Pertama Piala AFF 2020 Lawan Singapura

yalemds.org – Egy Maulana Vikri dipastikan tidak bisa memperkuat tim nasional Indonesia pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura. Laga semifinal Singapura vs Indonesia digelar di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021) pukul 19.30 WIB. Egy tak bisa tampil pada pertandingan pertama karena dia baru tiba di Singapura pada Selasa (21/12/2021) siang waktu setempat.

Hal ini diungkapkan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada sesi konferensi pers jelang laga Singapura vs timnas Indonesia. “Egy tidak bisa bermain pada leg pertama. Egy sampai di Singapura hari ini,” ucap Shin Tae-yong pada Selasa (21/12/2021). “Besok akan diberikan istirahat. Mungkin pertandingan berikutnya Egy bisa bermain,”lanjutnya.

Lalu Egy ada di mana saat timnas bertanding nanti malam? Menurut media officer timnas Indonesia, Bandung Saputra, Egy dan Ramai Rumakiek yang juga absen dalam pertandingan nanti, akan dibawa ke stadion. “Semua ofisial dan pemain termasuk Egy dan Ramai akan ikut ke stadion,”kata Bandung kepada wartawan, Rabu (22/12/2021) siang. Egy sudah menjalani tes swab PCR dan pemain FK Senica tersebut dinyatakan negatif.

“Allhamdulilah hasil swab PCR Egy Maulana Vikri Negatif,”ucap Mochamad Iriawan kepada awak media. “Sehingga mulai pagi ini sudah bisa bergabung dengan pemain lainnya dan ikut semua kegiatan timnas,”lanjutnya. Berbeda dengan Egy, Ramai tidak bisa bermain karena mendapatkan hukuman akumulasi kartu kuning. Pemain muda Persipura Jayapura itu menerima dua kartu kuning saat melawan Kamboja dan Malaysia pada fase grup Piala AFF.

Tanpa Egy dan Ramai, Shin Tae-yong tak akan pusing. Menurut prediksi Kompas.com, bek Elkan Baggott akan tampil sebagai starter. Sebab, timnas Singapura kemungkinan besar akan mengandalkan striker jangkung dengan tinggi 1,84 meter, yakni Ikhsan Fandi di lini depan. Menilik daftar bek tengah timnas Indonesia, hanya Elkan Baggott yang punya postur lebih tinggi dari Ikhsan Fandi

Postur Elkan Baggott mencapai 1,95 meter atau lebih tinggi sembilan centimeter dari Ikhsan Fandi. Peluang Elkan Baggott tampil sebagai starter malam ini semakin besar karena dirinya punya pengalaman bermain di Inggris bersama Ipswich Community. Pengalaman Elkan Baggott di Inggris tentu harus dimanfaatkan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengingat Ikhsan Fandi saat ini berstatus demonstrator tim kasta kedua Norwegia, FK Jerf.

Jika diturunkan sejak awal, Elkan Baggott kemungkinan besar akan bertandem dengan Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, dan Pratama Arhan, di lini belakang. Tiga nama itu tercatat selalu mengisi starting align timnas Indonesia pada dua laga terakhir Grup B Piala AFF 2020. Di lini tengah, Shin Tae-yong diprediksi akan langsung menurunkan kapten tim, Evan Dimas Darmono, sejak awal pertandingan.

Evan Dimas Darmono nantinya akan bahu-membahu dengan Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto untuk menjaga keseimbangan lini tengah timnas Indonesia. Di lini depan, triad terbaik timnas Indonesia saat ini adalah Irfan Jaya, Witan Sulaeman, dan Ezra Walian. Adapun timnas Singapura kemungkinan besar masih akan bermain dengan formasi 4-1-4-1 dengan mengandalkan Ikhsan Fandi di lini depan.

Ikhsan Fandi merupakan salah satu di antara enam pemain timnas Singapura yang selalu tampil sebagai starter sepanjang fase grup Piala AFF 2020. Lima nama lainnya adalah Hassan Sunny, Shakir Hamzah, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan kapten timnas Singapura, Harris Harun. Ikhsan Fandi, Hassan Sunny, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan Harris Harun, diprediksi masih akan tetap tampil sebagai starter malam ini.

Adapun Shakir Hamzah sudah dipastikan tidak bisa bermain karena menderita cedera lutut yang cukup parah. Posisi Shakir Hamzah malam ini kemungkinan besar akan digantikan oleh bek berusia 20 tahun, Nur Adam Abdullah. Di sektor gelandang serang, pelatih timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, diprediksi akan menurunkan duo Faris Ramli dan Shawal Anuar.

Singapura (4-1-4-1): 18-Hassan Sunny; 25-Nur Adam Abdullah, 21-Safuwan Baharudin, 17-Irfan Fandi, 13-Zulqarnaen Suzliman; 8-Shahdan Sulaiman; 14-Harris Harun, 15-Song Ui-young, 10-Faris Ramli, 20-Shawal Anuar; 9-Ikhsan Fandi.

Pelatih: Tatsuma Yoshida

Timnas Indonesia (4-3-3): 23-Nadeo Argawinata; 14-Asnawi Mangkualam, 30-Elkan Baggott, 28-Alfeandra Dewangga, 12-Pratama Arhan; 13-Rachmat Irianto, 15-Ricky Kambuaya, 6-Evan Dimas Darmono; 8-Witan Sulaeman, 25-Irfan Jaya; 7-Ezra Walian.

Pelatih: Shin Tae-yong

Leave a Reply