Mitos Atau Fakta Jika Mata Kita Berkedutan Ada Orang Sedang Membicarakan Kita? Berikut Penjelasan Sains

Mitos Atau Fakta Jika Mata Kita Berkedutan Ada Orang Sedang Membicarakan Kita? Berikut Penjelasan Sains

yalemds.org – Mata kedutan atau kedutan mata erat kaitannya dengan mitos. Sebagian besar orang mengaitkan kedutan mata dengan mitos bahwa ada orang yang sedang membicarakan di belakang kita, atau dengan akan terjadinya peristiwa menyedihkan.

Namun, tahukah kamu bahwa mata kedutan bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan kesehatan, atau penyakit yang perlu diwaspadai. Namanya essential blepharospasm, gangguan gerakan (dystonia) pada otot-otot di sekitar mata. Belum diketahui apa penyebab pastinya, namun para peneliti percaya kedutan mata disebabkan oleh kerusakan sel-sel tertentu dalam sistem saraf yang disebut ganglia basal.

Menurut laporan Mayo Clinic, kedutan mata biasanya berlangsung singkat, hanya 1 hingga 2 menit, dan hilang dengan sendirinya. Namun, jika sering terjadi, ini bisa menjadi tanda adanya gangguan otak atau sistem saraf tertentu.

Adapun gangguan otak dan sistem saraf yang bisa menyebabkan mata kedutan meliputi:

– Distonia serviks

– Sklerosis ganda

– Distonia oromandibular dan distonia wajah

– Penyakit Parkinson

– Sindrom Tourette.

Sementara dikutip dari Healthy, kedutan mata dibagi menjadi tiga jenis. Pertama kedutan mata small, ini biasanya disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, seperti kelelahan, stress, dan konsumsi kafein. Seseorang juga bisa mengalami mata kedutan akibat permukaan mata atau selaput yang melapisi kelopak mata mengalami iritasi.

Kedua adalah essential blepharospasm jinak. Ini terjadi ketika kedutan terus berulang dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi ini biasanya memengaruhi kedua mata dan belum diketahui penyebabnya. Ketika kondisinya semakin parah, mungkin pengidap akan lebih sensitif terhadap cahaya, penglihatan kabur, dan kejang wajah.

Ketiga adalah hemifacial spasm atau kejang pada wajah, yakni gangguan pada otot-otot di sekitar mulut dan kelopak mata. Hemifacial spasm lebih jarang terjadi. Berbeda dengan dua jenis lainnya, hemifacial spasm biasanya memengaruhi satu sisi wajah penderita. Jenis mata kedutan ini umumnya disebabkan oleh pembuluh darah yang menekan saraf wajah.

Kedutan pada kelopak mata juga dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti:

– Konsumsi alkohol

– Cahaya terang

– Kelebihan kafein

– Kelelahan

– Iritasi pada permukaan mata atau kelopak mata bagian dalam

– Merokok

– Stress and anxiety

– Polusi udara.

Cara menangani mata kedutan

Kebanyakan kedutan mata bisa hilang dengan sendirinya. Untuk menangani kedutan pada mata yang sering muncul tiba-tiba, kamu bisa mulai dengan mengurangi konsumsi alkohol, rokok, dan kafein. Jika mata kering atau mengalami iritasi, cobalah menggunakan obat tetes mata yang dijual di apotek atau toko-toko terdekat.

Tidak ada obat untuk necessary blepharospasm jinak. Tetapi dokter bisa membantu kamu meringankan gejalanya. Pengobatan paling umum adalah toksin botulinum (Botox, Dysport, Xeomin). Ini juga digunakan untuk mengobati hemifacial spasm. Dokter akan menyuntikkan sejumlah cairan ke otot mata untuk meredakan kejang. Efeknya berlangsung beberapa bulan dan perlahan-lahan hilang.

Leave a Reply