Sepasang Gol Yang Membawa Kemenangan Spanyol VS Italia 2-1 Untuk Lanjut ke Final UEFA Nations 2021

yalemds.org – Tim nasional Spanyol besutan Luis Enrique berhasil mengalahkan Italia pada semifinal UEFA Nations League 2021. Laga Italia vs Spanyol yang digelar di Stadion San Siro, Milan, pada Kamis (7/10/2021) dini hari WIB itu berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan tim tamu.

Sepasang gol yang membawa Spanyol meraih kemenangan dicetak oleh Ferran Torres pada menit ke-17 dan ke-45 +2. Sementara itu, satu-satunya gol untuk Italia dibukukan oleh Lorenzo Pellegrini setelah memanfaatkan assist Federico Chiesa pada menit ke-83.

Hasil ini membawa Spanyol ke final UEFA Nations Organization 2021. Mereka tinggal menunggu pemenang antara Belgia dan Perancis. Adapun laga Belgia dan Perancis baru akan berlangsung pada Jumat (8/10/2021) dini hari WIB. Saat Spanyol mampu memastikan kemenangan dan melaju ke last, Italia harus rela rekor apiknya berakhir. Italia gagal memperpanjang rekor tak terkalahkan. Sebelum laga ini, mereka tak terkalahkan dalam 37 laga beruntun.

Jalannya laga Italia vs Spanyol

Pada babak pertama, Italia yang datang dengan status juara Eropa tampil di bawah dominasi Spanyol.
La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, mendominasi penguasaan bola dengan catatan 65 persen. Anak-anak asuh Luis Enrique juga rajin menciptakan peluang.

Mereka tercatat melancarkan enam tembakan dengan tiga shots on target. Catatan ini memperpanjang rekor apik Spanyol selama pergelaran UEFA Nations Organization 2021. Sebelum bertemu Italia di semifinal, Spanyol menjadi tim dengan jumlah complete tembakan (113) dan shots on target (42) terbanyak.

Di samping itu, mereka juga membuat jumlah operan terbanyak (4.339) dan rata-rata penguasaan bola terbesar (66,5 persen). Pada babak pertama semifinal kontra Italia, Spanyol berhasil menambah 308 operan ke dalam catatan tersebut. Permainan apik yang ditampilkan Spanyol di lahab kontra Italia mampu berbuah hasil saat laga memasuki menit ke-17.

Mereka sukses membuka keunggulan lewat kerja sama apik antara Mikel Oyarzabal dan Ferran Torres. Umpan silang yang dikirim Mikel Oyarzabal mampu dimaksimalkan Ferran Torres yang lolos dari penjagaan bek Italia. Gol pembuka dari Spanyol langsung direspons oleh pasukan Roberto Mancini. Namun, Lorenzo Insigne dkk tak kunjung mengonversikan sejumlah peluang yang lahir menjadi gol.

Pada saat laga memasuki menit ke-41, Italia justru kehilangan satu pemain, yakni Leonardo Bonucci, akibat kartu merah yang diterima sang bek. Bonucci diganjar kartu merah setelah mendapat kartu kuning kedua. Catatan kartu merah ini merusak penampilan ke-112 Bonucci bersama timnas Italia.

Tak lama setelah Bonucci diganjar kartu merah, Spanyol mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-45 +2. Winger Manchester City, Ferran Torres, lagi-lagi menjadi aktor utama di balik gol yang dibukukan Spanyol. Proses gol kedua dari Ferran Torres pun serupa dengan yang pertama.

Dia memanfaatkan help kiriman Mikel Oyarzabal. Namun, kali ini, Ferran Torres mampu menuntaskan peluang dengan sundulan. Gol kedua dari Ferran Torres sekaligus menutup jalannya babak pertama. Spanyol unggul 2-0 atas Italia.
Pada babak kedua, Spanyol yang unggul dua gol masih berupaya melancarkan peluang.

Mereka masih dominan dalam hal penguasaan bola. Mereka word play here beberapa kali mengancam gawang Italia, tetapi tak kunjung mencetak gol ketiga. Spanyol tercatat melewatkan enam peluang pada babak kedua kontra Gli Azzurri. Ketika Spanyol melewatkan banyak peluang, Italia justru mampu mengatasi ketertinggalan pada menit ke-83.

Italia sukses membobol gawang Spanyol lewat skema serangan balik yang dimotori oleh Federico Chiesa. Dia mampu memaksimalkan kelengahan bek Spanyol saat hendak menyapu bola. Saat sampai di depan gawang Spanyol, Chiesa memberikan bola kepada pemain pengganti, Lorenzo Pellegrini, yang berdiri bebas.

Pellegrini pun mampu memaksimalkan peluang tersebut dan membuat skor menjadi 1-2. Setelah itu, Italia kembali berada di bawah dominasi Spanyol. Skor 1-2 bertahan hingga laga usai. Spanyol sukses mengalahkan Italia pada semifinal UEFA Nations Organization 2021.

ITALIA vs SPANYOL 1-2 (Lorenzo Pellegrini 83’/ Ferran Torres 17′, 45 +2).

Susunan pemain Italia vs Spanyol

Italia (4-3-3): 21-Donnarumma (GK); 2-Di Lorenzo, 19-Bonucci, 23-Bastoni, 13-Emerson; 18-Barella (4-Calabria 72′), 8-Jorginho (7-Pellegrini 64′), 6-Verratti (5-Locatelli 58′); 14-Chiesa, 20-Bernardeschi (3-Chiellini 46′), 10-Insigne (17-Kean 58′).

Cadangan:1- Sirigu (GK), 22-Meret (GK), 3-Chiellini, 4-Calabria, 5-Locatelli, 7-Pellegrini, 9-Raspadori, 11-Berardi, 12-Dimarco, 15-Acerbi, 16-Cristante, 17-Kean.

Pelatih: Roberto Mancini.

Spanyol (4-3-3): 23-Simon (GK); 17-Alonso, 3-Torres, 19-Laporte, 2-Azpilicueta; 9-Gavi (10-Sergi 84′), 5-Busquets, 8-Koke (20-Merino 75′); 21-Oyarzabal, 11-Ferran (7-Pino 49′), 22-Sarabia (6-Gil 75′) Cadangan: 1-De Gea (GK), 13-Sanchez (GK), 4-Martinez, 6-Gil, 7-Pino, 10-Sergi, 12-Eric, 14-Reguilon, 15-Porro, 16-Rodri, 18= Fornals, 20-Merino.

Pelatih: Luis Enrique.

Leave a Reply